5 Manfaat Wakaf Yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Kebaikan seseorang bisa diukur dari seberapa besar kadar kemanfaatan yang bisa dilakukannya. Sebagaimana disabdakan oleh Nabi Muhammad Saw, “sebaik-baik kamu ialah yang paling bermanfaat.”

Salah satu cara yang paling efektif membuat diri Anda bermanfaat ialah dengan berwakaf. Wakaf adalah perbuatan untuk memisahkan dan atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan atau kesejahteraan umum menurut syariah.

Tak hanya bermanfaat bagi sesama, wakaf juga memiliki manfaat khusus jika Anda lakukan. Berikut 5 manfaat wakaf yang mungkin tidak Anda sadari:

Mendekatkan diri pada Allah Swt

Wakaf adalah salah satu bentuk ibadah maliyah atau ibadah yang terkait dengan harta benda. Ibadah dilakukan sebagai bentuk penghambaan diri pada Allah sekaligus upaya mendekatkan diri pada-Nya.

Menambah kesadaran diri

Harta benda bukan hanya untuk disimpan dan dibelanjakan secara konsumtif. Dengan berwakaf Anda akan semakin menyadari bahwa harta benda bukan hanya bisa bermanfaat dalam jangka waktu yang lama di dunia tapi juga akan menjadi amal jariyah Anda di akhirat nanti.

Mendidik jiwa sosial

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa abai dengan situasi dan kondisi lingkungan di sekitarnya. Manusia perlu dilatih agar tidak serakah dan pelit serta hanya mementingkan diri sendiri tanpa mempedulikan orang lain. Wakaf membantu Anda untuk melatih kepekaan dan memupuk jiwa sosial sekaligus berkontribusi bagi lingkungan dan kemajuan masyarakat.

Menjaga kedamaian

Sekian banyak permusuhan, perselisihan, kerusuhan hingga lahir aksi terorisme karena faktor kesenjangan sosial, pemahaman agama yang keliru, fasilitas kesehatan yang buruk dan tidak terjangkau, pendidikan yang rendah, lapangan kerja yang minim hingga kemiskinan secara sistemik dan lain sebagainya. Maka wakaf hadir untuk membangun masyarakat. Baik itu dari aspek keagamaan, pendidikan, kesehatan, dan ekonominya. Wakaf menjadi alat untuk mewujudkan kedamaian dan stabilitas sosial secara berkesinambungan.

Mempererat persaudaraan dan menjaga keharmonisan

Wakaf didayagunakan untuk kepentingan umum seperti beasiswa pendidikan dan sarana kesehatan public. Hal ini tentu akan menumbuhkan rasa persaudaraan. Adanya kepedulian di tengah masyarakat akan merawat keharmonisan.

Membangun ketahanan nasional

Berwakaf juga berarti bersinergi untuk membangun ketahanan nasional. Bagaimana wakaf dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan, pendidikan, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat secara merata serta menjaga lingkungan. Dengan kata lain wakaf bisa disinergikan dengan tujuan pembangunan nasional dan pembangunan yang berkelanjutan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.