Alternatif Ngabuburit di Bulan Ramadhan

Walaupun masih dibayang-bayangi oleh pandemi, ibadah puasa dihari kedua bulan Ramadhan kali ini hendaknya tetap dijalankan dengan baik dan memberi hikmah lebih besar dari puasa-puasa sebelumnya.

Ngabuburit, seperti yang kita tahu, adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu luang sebelum berbuka puasa. Ada banyak alternatif kegiatan yang dapat dilakukan, diantaranya adalah dengan menciptakan ruang diskusi, baik itu secara online maupun offline dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dalam konteks organisasi/perkantoran, alternatif diskusi ini dapat dilakukan sebagai salah satu upaya pengembangan sumber daya manusia sekaligus memperkuat team building antara masing-masing individu di dalam organisasi.

Keberagaman divisi hingga tugas yang berbeda-beda, membuat setiap orang di dalam organisasi memiliki keunikannya tersendiri. Nilai-nilai keberagaman ini yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk melatih multidisiplin ilmu-yang konon hari ini sangat diperlukan dalam beragam lini kehidupan.

Adapun kreasi kegiatan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut

  1. Membaca buku secara bergantian di dalam lingkaran kecil untuk kemudian didiskusikan bersama. Satu buku yang sama akan memiliki pemahaman yang berbeda-beda dari setiap orang.
  2. Nobar. Memilih film dengan tema tertentu untuk kemudian ditonton dan dibahas bersama.
  3. Sharing knowledge dari masing-masing individu yang dibuat secara bergilir dengan tema yang dipilih dan dibuat independent.

Leave A Reply

Your email address will not be published.