DPF Turut Sukseskan Vaksinasi Buruh Kebun dan Masyarakat di Labusel

Pandemi belum juga berakhir, selain taat protokol kesehatan, percepatan vaksin bagi masyarakat kian menjadi prioritas. Kolaborasi adalah salah satu kunci agar pemberian vaksin dapat berjalan dengan masif, bukan saja di ibukota, namun juga daerah vital dimana sumber pangan serta perputaran ekonomi terus diperjuangkan oleh para buruh.

Hal ini menjadi salah satu concern bagi Laznas DPF sehingga turut berkontribusi mendukung pemerintah dalam program pengentasan Covid-19. Selain intensitas screening melalui Genose 19, DPF juga mendukung percepatan program vaksinasi yang sedang digiatkan oleh pemerintah. Salah satu bentuk partisipasi tersebut diwujudkan pada program vaksinasi Sinovac bagi buruh kebun sawit dan masyarakat Labuhanbatu Selatan, Rabu 4 Agustus lalu.

Laznas DPF menurunkan tim relawan di dua titik pelaksanaan vaksin. Untuk desa Tanjung mulia tim relawan dipimpin oleh Ahmad Rifdan Siregar. Sementara untuk Desa Tanjung Medan koordinator tim relawan adalah Saddam Lubis. Dalam kolaborasi ini, DPF menyediakan paket makanan bergizi yang diberikan kepada seluruh peserta vaksin, petugas, dan juga panitia.

CEO Laznas DPF, Ardian Ramadani Pulungan menyatakan bahwa kolaborasi ini sebagai upaya untuk terus mendukung perbaikan kesehatan pada masa pandemi “Selain mensukseskan program vaksin, keterlibatan DPF diharapkan dapat menjalin sinergi sekaligus perlindungan masyarakat ditengah situasi genting ini,” Ujarnya.

Ardian juga menambahkan bahwa layanan makanan bergizi juga hendaknya menjadi perhatian khusus, “Pemberian paket makanan bagi mereka yang telah vaksin dapat menambah nutrisi agar kesehatan mereka benar-benar terjaga,” Tangkasnya.

Menurut Ahmad Rifdan Siregar, antusiasme masyarakat cukup tinggi, hal ini dibarengi dengan ketertiban antrian sehingga pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan dengan lancar. “Dengan paket makanan dari DPF, masyarakat yang telah vaksin mendapat tambahan energi terutama sebagian besar dari mereka ada yang belum sempat sarapan karena ingin kejar antrian,” Ungkapnya.

Pemberian vaksin bagi buruh kebun sawit dan masyarakat sekitar Labuhanbatu Selatan ini berhasil menjangkau 1.185 orang yang berada di dua desa di Labuhanbatu Selatan. Di Desa Tanjung Mulia, pemberian vaksin berhasil diberikan kepada 424 orang buruh kebun dan masyarakat sekitar.Sementara di Kampung Rakyat Desa Tanjung Medan, terdapat 761 buruh kebun dan masyarakat sekitar.

Keseluruhan kegiatan dapat berjalan dengan baik atas bentuk kolaborasi yang terjalin antara Laznas DPF bersama dengan PT. Herfinta Farm and Plantation, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), dan juga Pemerintahan Daerah Labuhanbatu Selatan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.