Satu Tahun Laznas DPF

Awal mulanya adalah pendidikan. Fokus utama yang menjadi concern almarhum Djalaluddin Pane agar semakin terbukanya akses pendidikan yang layak dan berkualitas bagi anak-anak yang kurang mampu. Caranya adalah dengan menggandeng guru, memuliakan profesi ini dengan benar-benar mendampingi mereka dalam program pelatihan Teacher Competency Development Program (TCDP).

Djalaluddin Pane Foundation sendiri lahir pada 26 Juli tahun 2010. Setahun setelah didirikan, TCDP telah mulai melakukan pelatihan, pendampingan, hingga beragam kolaborasi program yang sejalan dengan ruh pendidikan. Dari periode 2011 hingga 2019 ini, TCDP telah berhasil melatih dan mendampingi 4.581 orang guru yang tersebar dari Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sumatera Utara.

Sampailah akhirnya pada pertengahan 2020, pandemi Covid-19 mengubah seluruh metode belajar dan memberi dampak signifikan, bukan saja pada dunia pendidikan, namun juga sosial ekonomi. Inisiatif Djalaluddin Pane Fondation untuk mengembangkan kebermanfaatan program (bukan hanya pendidikan) juga bersambut balik. Kami resmi menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional pada tanggal 1 Juli 2020, sesuai dengan serah terima izin Laznas yang diberikan langsung oleh Dirjen Bimas Islam, Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin di Jakarta.

Setahun berjalan, kami terus mengupayakan beragam program yang menyasar pada kebutuhan paling mendesak para penerima manfaat (mustahik) mengingat kondisi pandemi yang terus menghimpit perekonomian banyak orang. Perjalanan ini juga sembari mengupayakan program-program produktif agar mustahik dapat berdaya dan mandiri.

Kami telah bertemu banyak tokoh-tokoh penting, mereka diantaranya adalah para pejuang keluarga-yang terus berupaya memenuhi kebutuhan harian ditengah kondisi ekonomi yang tak tentu, para penggali kubur dan bilal mayit yang menahun berdedikasi dalam senyap dengan penghasilan yang tak seberapa. Para yatim piatu yang riang dan semangat dengan segala syukur yang terus hidup meski banyak hal belum terpenuhi.

Satu tahun Laznas DPF, doakan kami agar dapat terus mengalirkan mata air kebajikan!

Leave A Reply

Your email address will not be published.