5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Akan Membayar Zakat

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan dan memiliki dampak sosial bagi penerimanya. Agar manfaat zakat itu bisa optimal maka setiap muzakki perlu juga mempercayakan zakatnya kepada lembaga zakat yang dikelola oleh amil yang terpercaya.

Sebab keberhasilan zakat ini juga ditentukan oleh bagaimana pengelolaan dan penditribusiannya. Oleh karena itu, buat para muzakki yang akan menyerahkan zakatnya, penting untuk memperhatikan hal sebagai berikut:

Legalitas Lembaganya

Tentukan lembaga penyalur zakat yang memang amanah. Waspadai lembaga zakat yang programnya tidak jelas, tidak transparan terlebih tidak ada legalitasnya.

Kepiawaian Amilnya

Pilih amil zakat yang secara keilmuan memahami fiqih zakat. Secara manajemen, tergolong profesional, kredibel, netral dan transparan. Zakat fitrah maupun zakat mal juga ada perhitungannya yang jelas. Pastikan amil mampu menghitung nishab zakat Anda dengan benar dan tepat.

Transparansi Pengelolaan Zakatnya

Zakat adalah satu ajaran Islam yang ada petugasnya (amil). Maka pastikan lembaga zakat yang Anda pilih transparan dan jelas akuntabilitasnya. Selain itu pilih lembaga zakat yang memiliki bukti setor zakat. Selain untuk transparansi juga bisa mengurangi pajak tahunan.

Manfaat Zakat Bagi Mustahik

Tak sekedar banyak dana zakat yang berhasil dihimpun. Namun keberhasilan zakat juga diukur dari sejauh mana kemanfaatan yang bisa dirasakan oleh mustahik secara tepat sasaran.

Pelaporan dan Audit Syariahnya

Lembaga pengelolaan zakat harus melaporkan pengelolaannya pada pemerintah dan publik, melalui media yang bisa diakses oleh masyarakat umum. Pastikan juga pada saat Anda berzakat, apakah lembaga pengelola zakat tersebut telah diaudit secara syariah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.