10 Manfaat dan Keutamaan Sedekah

Dalam Islam terdapat banyak anjuran untuk bersedekah. Hal ini amat wajar, karena sedekah memiliki banyak sekali manfaatnya. Berikut di antara manfaat sedekah, baik yang Anda sadari maupun tidak.

Pertama, pelindung dari api neraka

Sedekah bisa menyelamatkan Anda dari siksa api neraka sebagaimana Nabi Saw bersabda, “jauhilah neraka walau dengan sepotong kurma” (HR. Bukhari).

Kedua, mendapat naungan

Dalam Hadis Riwayat Imam Bukhari, disebutkan ada tujuh golongan orang yang mendapat naungan Allah Swt di saat tidak ada naungan kecuali naungan-Nya. Salah satunya ialah seorang yang bersedekah kemudian menyembunyikan hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang dilakukan tangan kanannya.

Ketiga, melembutkan qalbu

Satu waktu, ada seseorang menghadap Rasul Saw dan mengadukan perihal kerasnya qalbu. Rasul Saw kemudian bersabda, “jika engkau ingin melembutkan qalbumu maka berilah makan orang miskin dan usaplah kepala anak yatim”. (HR. Ahmad).

Keempat, hartanya berkah

Sedekah tidak akan mengurangi harta, karena dengan sedekah justru harta Anda menjadi berkah. Nabi Saw bersabda, “tidak lah berkurang harta dengan sedekah.” (HR. Muslim).

Kelima, ganjaran berlipat ganda

Allah menjanjikan ganjaran kebaikan yang berlipat ganda begi yang bersedekah sebagaimana termaktub dalam al Qur’an. “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.” (Al Hadid: 18).

Keenam, dipanggil dari pintu khusus di surga

Orang yang ahli sedekah yaitu mereka yang sering dan terbiasa sedekah akan dipanggil dari pintu khusus ahli sedekah sebagaimana dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Ketujuh, disejajarkan dengan ahli al Qur’an

Nabi bersabda, tidak ada hasud kecuali kepada dua kelompok. Seseorang yang dianugerahi Allah al Qur’an kemudian melaksanakannya malam dan siang. Dan seseorang yang dianugerahi Allah harta kemudian dia menyedekahkannya malam dan siang. (HR. Muslim).

Kedelapan, sedekah menjadi bukti keimanan

Sedekah adalah hujjah atau bukti atas keimanan seseorang yang melakukan sedekah. Sebagaimana Nabi bersabda, shalat adalah cahaya, dan sedekah adalah bukti (HR. Bukhari dan Muslim). Berbeda dengan orang munafiq yang tidak percaya dengannya.

Kesembilan, menyucikan harta

Nabi Saw bersabda, “wahai para pedagang sesungguhnya setan dan dosa menghadiri jual beli. Maka campurkanlah jual beli kamu dengan sedekah.” (HR. Tirmidzi) dalam hadis lain disebutkan dalam jual beli itu ada sumpah, kebohongan dan omong kosong. Sehingga sedekah itu sebagai kifarat yang bisa meredam murka Allah.

Kesepuluh, didoakan malaikat

Dalam hadis shahihain disebutkan bahwa ada dua malaikat yang turun dan berdoa setiap pagi seraya berdoa. Ya Allah berilah ganti orang yang bersedekah dan berilah kerusakan bagi yang enggan berdedekah.

Masih banyak manfaat dan keutamaan dari sedekah seperti menolak bala, mengobati penyakit, hingga menghapus kesalahan sebagaimana air memadamkan api. Namun dengan syarat sedekah itu dilakukan karena mencari ridha Allah Swt.

“Apa pun harta yang kamu infakkan, maka (kebaikannya) untuk dirimu sendiri. Dan janganlah kamu berinfak melainkan karena mencari rida Allah. Dan apa pun harta yang kamu infakkan, niscaya kamu akan diberi (pahala) secara penuh dan kamu tidak akan dizalimi (dirugikan).” (Al Baqarah: 272).

Leave A Reply

Your email address will not be published.